Kamis, 06 September 2012

Gurame Padang

Ini adalah ikan Gurame. Dan kalau dilihat dari warnanya, ikan ini termasuk jenis Gurame Padang. Ikan ini dipelihara dari mulai bibit berumur 1-2 minggu dengan panjang sekitar 3 cm. Sekarang ikan ini sudah berumur 4 tahun lebih dengan ukuran panjang 45 cm. Ternyata seru juga memelihara ikan Gurame, berbeda dengan memelihara jenis ikan hias ataupun ikan lainnya. Selain tempat pemeliharaan yang sederhana, bisa di kolam tanah, kolam yang disemen ataupun di akuarium, ikan jenis ini juga tidak memerlukan air yang mengalir. Ikan gurame juga bukan tergolong ikan yang rakus akan makanan karena gurame memiliki ukuran perut lebih kecil dibanding ikan jenis lain.
Makanan ikan gurame tergolong murah meriah, karena gurame suka lalapan atau daun-daunan, terutama daun keladi, pepaya dan ubi rambat. Memelihara ikan gurame memiliki keuntungan ganda dibanding ikan hias biasa ( menurut aku lho...), karena kalo memelihara ikan hias, kita hanya bisa menjadikannya sebagai hiasan, penghilang stres ataupun sebagai penjaga rumah ( mitos ). Saat ikan sudah tua, kita hanya akan membiarkannya sampai mati. Sementara kalo memelihara ikan gurame, selain diuntungkan seperti ikan hias, saat ikan gurame sudah besar atau tua dan layak makan kita bisa memanfaatkannya untuk dikonsumsi ( kalo tega ) dan kita menggantinya dengan bibit baru.
Ikan gurame adalah ikan untuk dikonsumsi, tetapi jenis Gurame Padang biasa dijadikan ikan hias dan dipelihara di akuarium. Selain warnanya yang menarik, ikan gurame ini tergolong penurut. Gurame juga ikan yang mudah kaget dan penakut. Gurame sangat sensitif akan suara. Saat mendengar langkah kaki, ikan gurame akan langsung bersembunyi  di dasar kolam. Dan gurame tidak akan memakan makanan yang kita kasih selama kita masih di dekat kolam. Gurame yang di pelihara di akuarium tergolong ikan penurut, karena saat kita mendekati akuariun, gurame akan mendekati kita, begitu juga saat kita berpindah ke sisi yng lain, gurame akan mengikuti. Tetapi gurame akan sangat marah saat kita mendekatkan wajah atau tangan kita ke kaca akuariun, gurame akan bereaksi keras, ia akan membuka mulutnya lebar-lebar dan menggerakkan badannya dengan hentakan yang cukup keras sampai air di dalam akuarium memercik keluar.
Harga Gurame Padang cukup tinggi kalo dilihat dari jenis ikan konsumsi, berbeda dengan gurame warna hitam yang biasa dijual perkilo dengan harga sekitar 40-50 rb/kilo. Sementara Gurame Padang warna kuning/orange cukup tinggi, ukuran 10 cm dijual sekitar 30.000 rupiah/ekor, ukuran 20 cm seharga 50.000/ekor, ukuran 30 cm seharga 100 ribu/ekor dan harga sepasang indukan sekitar 500-600 ribu.
Gimana...tertarik memelihara ikan Gurame Padang ? Ikan hias yang juga bisa dikonsumsi.



~endang~

1 komentar:

  1. kalau beli apa dikirim sampai tujuan? ujung pulau jawa. minimal berapa pengirimannya?

    BalasHapus